Thursday, December 15, 2016

Enzim-Kunci Rahasia Kehidupan

Tubuh anda memiliki kemampuan luar biasa untuk menyembuhkan diri sendiri. Kenyataannya, tubuh anda adalah satu-satunya system penyembuhan yang dapat membawa  anda kembali  seimbang  saat penyakit menyerang.
Obat memang dapat membantu tubuh dalam keadaan darurat. Pembedahan mungkin diperlukan dalam keadaan  tertentu,  tetapi hanya  tubuh anda yang memiliki  kemampuan  untuk sembuh.
Enzim adalah sebuah istilah generik untuk katalis protein  yang dibentuk di dalam sel makhluk  hidup. Di mana pun terdapat kehidupan, di dalam tumbuhan maupun hewan, enzim selalu ada. Enzim ikut ambil bagian dalam seluruh akfivitas yang diperlukan untuk mempertahankan kehidupan seperti sintesis dan penguraian, transportasi,  ekskresi, detoksifikasi,  dan penyediaan energi.
Makhluk hidup  tidak akan dapat mempertahankan kehidupan tanpa  adanya enzim. Lebih dari 5.000 jenis enzim vital ini diciptakan  di dalam sel-sel tubuh kita, dan kita juga memproduksi enzim dengan menggunakan enzim yang terdapat di dalam makanan yang kita konsumsi sehari-hari. Alasan terdapat begitu  banyaknya jenis enzim adalah karena setiap jenis memiliki karakteristik  khusus dan fungsi yang unik. Contohnya; enzim pencernaan amilase, yang terdapat dalam air liur, hanya beraksi terhadap karbohidrat. Lemak dan protein juga dicerna oleh enzim mereka masing-masing  yang berbeda.
Walaupun dipercaya bahwa banyak jenis enzim dibentuk sebagai reaksi  terhadap kebutuhan tubuh kita, masih  tidak  jelas bagaimana mereka dibentuk di dalam sel. Adanya sebuah teori yang mungkin dapat memberi pencerahan  akan proses  tersebut, dimana adanya suatu enzim pangkal yaitu sejenis enzim prototype yang belum  terspesialisasi. Selama belum diubah menjadi suatu enzim spesifik sebagai reaksi terhadap suatu kebutuhan  tertentu, enzim pangkal ini memiliki  potensi untuk berubah menjad enzim jenis apapun.
Kesehatan anda bergantung pada sebaik apa anda menghemat dan bukan menguras enzim pangkal dalam tubuh anda. Penggunaan istilah enzim "pangkal" untuk menyebut katalis-katalis ini karena mereka adalah enzim-enzim tak terspesialisasi yang merupakan asal mula 5.000 enzim terspesialisir, yang mengemban berbagai aktivitas dalam tubuh manusia. Disebut juga mereka sebagai  enzim "ajaib" karena mereka memainkan peran sangat penting dalam kemampuan tubuh menyembuhkan diri sendiri.
Pertama  kali pengembangan gagasan mengenai enzim pangkal ini dengan mengamati bahwa ketika suatu  area khusus dalam tubuh tengah sangat membutuhkan, dan oleh karenanya mengonsumsi  satu jenis enzim  tertentu dalam  jumlah besar, bagian-bagian lain tubuh cenderung  mengalami  kekurangan  enzim mereka sendiri yang dibutuhkan. Contohnya,  jika alkohol dalam jumlah besar dikonsumsi, satu jenis enzim  tertentu dalam  jumlah  lebih besar daripada biasanya dibutuhkan untuk menguraikan alkohol tersebut dalam hati sehingga menyebabkan  kekurangan enzim yang diperlukan  untuk pencernaan dan penyerapan di dalam lambung dan usus.
Sepertinya tidak ada jumlah yang  telah ditetapkan untuk masing-masing dari beberapa ribu jenis enzim yang ada. Sebaliknya, enzim pangkal diubah menjadi suatu  jenis enzim tertentu pada saat dibutuhkan, dan kemudian  dikonsumsi  pada lokasi tempat yang dibutuhkan. Saat ini enzim menarik perhatian seluruh dunia sebagai unsur kunci yang mengontrol kesehatan kita, dan walaupun penelitian terus berkembang, banyak hal yang masih tidak kita mengerti mengenainya.
Dr. Edward Howell, seorang pelopor dalam penelitian terhadap enzim, mengajukan  sebuah teori yang sangat menarik. Teorinya menyatakan  bahwa  jumlah  enzim yang dapat diproduksi oleh suatu makhluk hidup selama hidupnya telah ditentukan sebelumnya. Dr. Howell menyebut jumlah tetap enzim tubuh ini sebagai  "potensi enzim” Teori Dr. Howell ini mirip dengan teori Shinya, MD mengenai enzim pangkal dan bergantung pada kemana arah penelitian itu berlanjut. Shinya, MD mengharapkan keberadaan enzim pangkal akan dibuktikan, walaupun  penelitian terhadap enzim masih berada dalam tahap perngembangan, dan keberadaan enzim pangkal pada saat ini masih merupakan sebuah  teori. Banyak sekali bukti klinis  tersedia saat ini yang menunjukkan bahwa kita dapat memperkuat  karakteristik lambung, dan usus kita dan dengan demikian kesehatan kita terjaga, dengan menjalani diet sehingga menambah  enzim dan menguasai  gaya hidup yang tidak menguras enzim pangkal. Anda ingin tahu lebih banyak tentang enzim sebagai kunci kehidupan? silahkan baca The Miracle Of Enzyme 



No comments:

Post a Comment